Skip links

Seberapa Penting Kecepatan Suatu Website?

Kecepatan Website – Pada era digital saat ini, internet sudah termasuk kebutuhan utama. Segala informasi bisa didapatkan hanya dalam satu klik. Lantas, apa yang kamu rasakan ketika membuka suatu situs yang loadingnya lama? Pasti kesal bukan? Terutama disaat kamu membutuhkan informasi dengan cepat, tetapi malah loading websitenya lama.

Mengapa kecepatan waktu muat (loading) suatu website itu penting? Berikut Kodig.id telah merangkum alasannya:

  1. Audience akan nyaman untuk membaca isinya

Pengunjung akan langsung meninggalkan website apabila terlalu lama menunggu suatu website terbuka. Terutama apabila isi tersebut bermanfaat untuk audience. Walaupun, masih banyak faktor yang harus diperhatikan agar pengunjung nyaman dan betah berlama-lama pada website yang Anda kelola. Sehingga, pada akhirnya membuat website memiliki banyak traffic.

  1. Berpengaruh pada engagement dan pendapatan perusahaan

Website besar yang sudah mempunyai ratusan ribu atau jutaan visitor perhari, perubahan kecepatan satu detik saja sangat berpengaruh pada revenue. Menurut Amazon, jika suatu website memiliki kecepatan 0,1 detik lebih lambat, keuntungannya akan berkurang sekitar 1%. Sementara yang lain, kunjungan di situs Mozilla naik sebesar 15,4% hanya karena situs Mozilla berhasil mengurangi waktu loading halaman sebesar 2 detik.

Setiap satu detik keterlambatan dalam membuka suatu halaman dalam website, dapat mengurangi konversi sebesar 7% (tentu ini kerugian besar terutama pada pelaku website jual beli online). Jika suatu website e-commerce berpenghasilan $100.000 per hari, maka satu detik saja website terlambat terbuka, maka berpotensi kehilangan $2,5 juta pendapatan dalam setahunnya. Ternyata besar juga kalau diakumulasikan kerugiannya.

  1. Meningkatkan ranking website di mesin pencarian

Google, Bing, dan mesin pencarian lainnya menggunakan page load time sebagai salah satu faktor ranking suatu website. Search Engine Google sudah mulai mengabaikan website dengan performa yang sangat lambat, sehingga website yang lambat akan sulit untuk ditampilkan di halaman pencarian.

  1. Website jadi friendly user

Suatu website dengan kecepatan waktu muat (loading) tinggi akan menjadi friendly user apabila diakses melalui ponsel. Menurut data yang ada, terdapat sebanyak 73% dari pengguna internet yang mengakses melalui ponsel mengatakan bahwa kerap kali mendapati website-website yang masih lambat untuk diakses.

  1. Website tidak mudah down atau error

Website yang tidak memiliki kecepatan tinggi akan mudah down atau error. Menurut data yang ada, sebanyak 51% pengguna internet yang mengakses melalui ponsel mengatakan bahwa sering mendapati website yang down, crashed atau mengalami error.

Itulah lima alasan mengenai seberapa pentingnya kecepatan suatu website yang telah dirangkum oleh Kodig.id. Saat ini, kamu tidak perlu bingung bagaimana membuat website dengan kecepatan tinggi. Di Kodig.id sebagai salah satu IT Developer terbaik di Surabaya akan siap sedia membuatkan website yang cepat, mobile friendly, adanya keamanan HTTPS, serta fitur-fitur lainnya. Kamu juga bisa konsultasi IT secara cuma-cuma. So, Make Your Business Go Digital.

Leave a comment