Skip links

8 Bahasa Pemrograman yang Populer di Kalangan Programmer Wanita

Bahasa Pemrograman Wanita – Sebelum menjadi programmer handal, sebaiknya kamu pelajari terlebih dulu kode-kode dalam bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman terdiri dari dua jenis yaitu, bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Bahasa yang dimengerti oleh mesin komputer merupakan intruksi dalam bahasa mesin (Machine Language) yaitu bahasa tingkat rendah.

Bahasa pemrograman dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer. Artinya, sebuah instruksi yang terdiri dari banyak baris yang berguna untuk memerintahkan komputer. Di era saat ini, programmer tidak hanya berasal dari kalangan pria saja, marak bermunculan programmer wanita. Apa saja bahasa pemrograman yang populer di kalangan programmer wanita? Berikut 8 bahasa pemrograman:

  1. Java

Bahasa Pemrograman Wanita Java- Artikel Konsultan IT Surabaya

Bahasa pemrograman yang paling populer ini dapat digunakan di beragam platform baik PC maupun mobile. Bahasa pemrograman ini juga mempunyai library yang lengkap sehingga dapat mempermudah pekerjaan seorang programmer dalam menyusun suatu program. Aplikasi dalam telepon genggam Android memakai bahasa Java. Jadi, karena Java paling populer dan mudah, bahasa pemrograman ini paling banyak digunakan oleh programmer baik pria maupun wanita.

  1. C

Bahasa Pemrograman Wanita Java- Artikel Konsultan IT Surabaya

Bahasa pemrograman C ini dikembangkan pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie dari AT&T Bell Labs dan cukup populer di Indonesia. Hampir semua perguruan tinggi jurusan IT atau lembaga kursus pemrograman menggunakan bahasa ini untuk para pemula. Bahasa pemrograman C ini biasa disebut sebagai “bapak” dari bahasa pemrograman C#, Java, C++, dsb.

  1. C++

Bahasa Pemrograman Wanita C++ - Artikel Konsultan IT Surabaya

Dapat dikatakan bahwa C++ sudah dibuat sejak tahun 1985 oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Labs dan merupakan bahasa pemrograman yang paling efisien. Tak jarang, programmer wanita banyak menggunakan bahasa ini. Sebenarnya, C++ dapat dikatakan sebagai pengembangan bahasa pemrograman C diberi fitur OOP yang terdapat dalam SIMULA. Bahasa C++ dimanfaatkan oleh sistem seperti Microsoft, Adove, PayPal, dan Oracle. Akan tetapi, dalam pemakaiannya C++ dapat dikatakan lebih rumit dibandingkan bahasa pemrograman yang lainnya.

  1. Ruby

Bahasa Pemrograman Wanita Ruby - Artikel Konsultan IT Surabaya

Ruby disebut-sebut sebagai sahabat terbaik programmer. Memiliki bahasa yang cantik, artistik, praktis dan mudah maka tak heran jika para programmer wanita menyukai Ruby. Bahasa pemrograman ini dirilis pada tahun 1995 dan pada tahun 2006, Ruby diterima oleh banyak programmer.

  1. Go

Bahasa pemrograman yang dibuat oleh Google ini memiliki bahasa yang cukup sederhana seperti Phyton, namun tergolong efisien seperti C++. Go merupakan gabungan beberapa aspek terbaik pemrograman fungsional dan berorientasi objek. Go digunakan pada Ethereum Cryptozoic dan Kubernetes. Kesederhanaan yang dimiliki Go, membuat programmer wanita jatuh hati.

  1. Swift

Namanya sudah tidak asing lagi bagi kita, seperti nama seorang penyanyi pemilik lagu Shake It Off ya? Bukan bukan, Swift yang ini merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple Inc. Swift dibuat pada tahun 2014. Memiliki nama bahasa pemrograman yang cute, tentu menjadi nilai tambah bahasa pemrograman ini menjadi populer di programmer wanita.    

  1. Scala

Scala (Scalable Language) merupakan bahasa pemrograman yang bersifat functional dan object oriented. Bahasa ini sangat ekspresif, nyaman dan menyenangkan. Scala juga dapat menulis kode lebih ringkas jika dibandingkan dengan Java yang penuh dengan boilerplate untuk hasil yang sama. Tak salah lagi, jika bahasa pemrograman ini populer di banyak programmer wanita. Keringkasan ini membuat kesalahan syntax menjadi minimal, penulisan dapat lebih cepat dan tentunya lebih mudah untuk dibaca.

  1. Haskell

Di Indonesia sendiri, penggunaan bahasa Haskell masih jarang. Bahkan, mungkin sebagian programmer baru mendengar namanya. Padahal bahasa pemrograman ini telah lama muncul sekitar tahun 1950. Haskell menjadi populer di kalangan programmer wanita karena memiliki sintaks yang elegan, pure functional, lebih sedikit bug, dan memiliki performa yang baik.

Nah, itulah 8 bahasa pemrograman yang populer di kalangan programmer wanita. Jangan sampai salah dalam memilih bahasa, sesuaikan dengan project yang sedang dikerjakan dan kemampuan yang kamu miliki. Para programmer di Kodig.id menggunakan bahasa pemrograman sesuai dengan project yang sedang dikerjakan. Kamu juga bisa konsultasi IT secara cuma-cuma. Kodig.id sebagai IT Developer Surabaya dan konsultan IT Surabaya selalu memberikan pelayanan terbaik dan negosiasi biaya yang sesuai dengan kebutuhan dan kompleksitas sistem.

Referensi:

trentech.id

unsplash.com

Wahyudi, Jusuf, dkk. 2013. INSTRUKSI BAHASA PEMROGRAMAN ADT (ABSTRACT DATA TYPE) PADA VIRUS DAN LOOP BATCH. Jurnal Media Infotama, Vol.9, No.2, September.

Pratama, Muhammad Taufiq. 2014. EVOLUSI BAHASA PEMROGRAMAN (EVOLUTION OF PROGRAMMING LANGUAGE). Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 8, No. 1, Juni 2014, 35-42 ISSN 2442-4943.

Gupta D., 2004. “What is a Good First Programming Language?”, Crossroads, v. 10, n. 4, pp. 7.

Leave a comment