Skip links

Cara Mudah Melakukan Uji Kecepatan Website

Uji Kecepatan Website – Waktu yang diperlukan untuk memuat suatu halaman web ternyata berpengaruh kepada pengunjung. Pengunjung website akan meninggalkan web yang memiliki waktu muat (loading) lama. Kecepatan suatu halaman web juga menjadi salah satu faktor penting dalam Search Engine Optimization (SEO). Website yang dapat dibuka dengan cepat dapat menempati halaman pertama pencarian dibandingkan web lainnya. Lantas, bagaimana cara melakukan uji kecepatan suatu website?

  1. Menggunakan Google Insight Speed Test

Cara melakukan uji kecepatan website cukup mudah yaitu dengan Anda membuka Google. Lalu, ketik keyword Google Insight Speed Test akan muncul web yang dibuat oleh Google untuk melakukan cek kecepatan loading suatu website. Kemudian, masukkan link website Anda dalam form uji coba. Hasil akhir akan menunjukkan berapa skor website blog Anda, baik untuk PC maupun mobile.

Disertai pula solusi yang harus diselesaikan. Terdapat faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan agar skor website Anda di Google Insight mendekati skor 100. Dari sinilah dapat dilakukan perbaikan pada elemen website yang Anda dikelola.

  1. Menggunakan Software

Dalam mengukur kecepatan suatu website, diperlukan pula sebuah alat atau software. Anda dapat menggunakan GT Metrix atau Pingdom. Layanan online ini dapat digunakan kapanpun untuk mengecek kecepatan suatu website yang Anda miliki. Caranya cukup mudah, hanya mengunjunginya dan memasukkan link website Anda dan tunggu beberapa saat untuk dianalisa dan Anda akan langsung mendapatkan hasilnya. GT Metrix memiliki beberapa fitur yang ditawarkan diantaranya yaitu Google kecepatan halaman, waktu kecepatan halaman, ukuran halaman, dan performa situs.

Website yang baik memiliki kecepatan akses kurang dari 2 detik. Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor apa saja yang akan meningkatkan kecepatan loading suatu website. Menurut data yang ada, 40% orang akan meninggalkan suatu website yang tidak terbuka dalam waktu 3 detik ketika diakses.

Dari kedua cara yang telah disebutkan, banyak orang memilih menggunakan Google Insight Speed Test. Tetapi, semuanya kembali pada kebutuhan dan selera masing-masing. Konsultan IT Surabaya, Kodig.id pasti mengetahui cara terbaik untuk mengecek kecepatan suatu website.

Kodig.id sebagai IT Developer Surabaya serta Konsultan IT Surabaya menerima jasa pembuatan website yang memiliki waktu muat (loading) cepat. Kodig.id juga menerima jasa content creator, digital marketing, dan management social media. So, make your business go digital!

Leave a comment