Skip links

8 Alasan Pelaku Bisnis Harus Punya Website

Keunggulan Website bagi Bisnis – Sebagian pelaku bisnis bertanya-tanya “saya sudah pakai Instagram dan Facebook untuk bisnis saya, mengapa saya harus buat website?” Beberapa client Kodig.id menanyakan hal demikian. Wajar, karena social media gratis, sedangkan website harus berbayar. Memiliki social media di era sekarang ini merupakan kewajiban. Tetapi, bagaimana dengan memiliki website?

Alasan pebisnis harus mempunyai website diantaranya:

  1. Tingkat kepercayaan

Masyarakat atau customers lebih percaya terhadap profesionalitas suatu bisnis/perusahaan jika bisnis/perusahaan tersebut mempunyai website. Menurut survei di artikel SWA ada 34% customers tidak jadi melakukan transaksi jika bisnis/perusahaan tidak punya website.

  1. Kelengkapan informasi

Ketika suatu bisnis/perusahaan mempunyai website, maka dalam melakukan promosi produk (barang atau jasa) tidak ada batasan dalam penyampaian informasi mengenai produknya. Sebaliknya, jika suatu bisnis/perusahaan hanya mengandalkan kekuatan social media (Instagram, Facebook, dll) maka dalam penyampaian informasi yang disajikan kepada customers akan terbatas sesuai dengan jumlah kata pada kebijakan social media tersebut. Sehingga, informasi yang disampaikan kepada customers pun  tidak utuh.

  1. Terbatasnya penyebaran informasi

Saat hanya mengandalkan kekuatan social media, penyebaran promosi atau informasi hanya sebatas banyaknya jumlah followers yang ada. Jika ingin lebih, harus melakukan iklan dan itu berbayar. Sedangkan, dengan mempunyai website maka setiap promosi atau informasi akan menjangkau customers lebih luas.

  1. Sarana memperkenalkan social media

Penggunaan website juga dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan social media yang dimiliki suatu bisnis/perusahaan. Sehingga, dapat pula meningkatkan followers maupun traffic bisnis itu sendiri.

  1. Berkomunikasi lebih mudah

Adanya website, mempermudah customers dan pemilik bisnis dalam berkomunikasi. Hal ini dikarenakan, website dapat langsung terhubung dengan contact person yang ada di website. Dengan menggunakan fitur live WA chat yang biasa tertera di pojok kanan bawah sebuah website.

  1. Pencarian lebih mudah

Ketika memiliki website, customers dapat lebih mudah dalam melakukan pencarian di mesin pencari. Mesin pencari yang dimaksud yaitu di Google, Bing, dll. Hal ini dikarenakan, terus adanya peningkatan pengguna internet.

  1. Rumah di dunia maya

Perbedaan lainnya antara social media dengan website yaitu pada fungsinya. Seperti yang telah disebutkan, social media digunakan sebagai media berinteraksi dengan customers. Sedangkan, website berfungsi sebagai rumah dari suatu bisnis/perusahaan di dunia maya. Arti rumah sendiri yaitu terdapat citra bisnis di dalamnya, semua isi bisnis dapat dilihat di website, terdapat juga sistem seperti akuntansi, stock management, katalog, dan lainnya. Tidak adanya batasan dalam sebuah website. Website dapat dibuat secangging mungkin, selama ada budget.

  1. Membantu mencatat data orang yang tertarik pada bisnis/perusahaan Anda

Dengan memiliki website, Anda dapat melihat traffic berapa orang yang mengunjungi website Anda dalam kurun waktu tertentu. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan Google Search Console.

 

Itulah 8 alasan mengapa pelaku bisnis harus mempunyai website. Masih ragu? Konsultasikan kebutuhan IT mu di Kodig.id. Sebagai IT Developer Surabaya serta Konsultan IT Surabaya akan melayani Anda dengan baik. Kodig.id juga menerima jasa pembuatan website dengan biaya yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan IT Anda.

Saat ini, Kodig.id memiliki sebuah program $EJUTA WEBSITE. Anda dapat memiliki website company profile dengan desain premium dan fitur lengkap, HANYA dengan harga SATU JUTA RUPIAH. Jika Anda tertarik, dapat mengisi form ini. Make your business go digital!