Skip links

Blog VS Website – Apa yang Membedakan?

Blog vs Website – Perbedaan blog dan website – Pasti kata website dan blog sudah tidak asing lagi bagi kalian. Tapi ternyata keduanya adalah hal yang berbeda. Tahu gak perbedaan antara keduanya? Berikut Kodig.id telah merangkum untuk Anda:

  1. Pengertian

Website yaitu laman online yang terhubung dalam satu domain, dikelola oleh individu, perusahaan, organisasi, institusi, atau pemerintahan. Sedangkan, blog adalah kependekan dari web log, berisi konten seperti pengalaman, opini, atau aktivitas penulis. Nah, dari definisi tersebut apakah Anda sudah memahami perbedaan antara blog dengan website?

  1. Konten

Pada umumnya, konten website berisi mengenai informasi penting tentang layanan atau produk. Konten-konten di dalamnya ini setema dan pasti relevan dengan websitenya. Sedangkan, konten di blog berisi mengenai opini, artikel, video, podcast dll yang terdiri dari beberapa tema sesuai dengan apa yang disukai pemilik blog. Tak jarang, Anda akan menemukan blog yang isinya ‘gado-gado’. Artinya, dalam satu blog, terdiri dari beberapa sub tema bahasan, tidak fokus pada satu tema tertentu.

  1. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan jelas berbeda. Dalam suatu website, menggunakan bahasa yang lebih formal karena biasanya digunakan untuk tujuan formal seperti lembaga pendidikan, organisasi, perusahaan, hingga pemerintah. Bahasa yang digunakan di blog bervariasi, namun cenderung informal. Menggunakan kata ganti kedua seperti ‘kamu’, ‘lu’. Hal ini bertujuan untuk membuat konten lebih personal agar pembaca tidak bosan.

  1. Subscribe

Memang sebagian blog sudah menggunakan fitur ini, tetapi masih jarang. Fitur subscribe sering terdapat di suatu website. Terutama saat landing page suatu website dengan mengisi alamat email aktif. Tombol subscribe bertujuan agar pengunjung website tidak ketinggalan informasi mengenai konten-konten terbaru, notifikasi biasa dikirim melalui email tersebut.

  1. Pengelola

Pasti diantara kalian sudah tidak asing dengan istilah ‘blogger’? Blogger merupakan sebutan untuk penulis atau pemilik blog. Biasanya blogger mengelola blognya sendiri. Berbeda dengan website, dikelola oleh designer, developer, dan copywriter.

  1. Daftar konten

Blog memiliki daftar kronologis postingan, disusun dari yang terbaru sampai terlama. Setiap Anda mengunjungi blog, pasti Anda menemui daftar beberapa konten yang pernah diposting oleh pengelolanya. Berbeda halnya dengan website. Data yang ada di dalam website bersifat statis, tidak akan menemui daftar seperti itu.

BACA JUGA:

Mengapa Menggunakan Domain .COM???

7 Alasan Website Harus Mobile Friendly

  1. Coding

Blog tidak perlu membutuhkan seorang ahli dalam bidang pengkodean. Hanya cukup mendownload template dan belajar dasar-dasar pengkodean. Jika Anda ingin memiliki website, Anda harus paham benar mengenai coding seperti HTML, PHP, dsb. Tidak perlu khawatir dan bingung, Kodig.id saat ini memiliki program $EJUTA WEBSITE. Program sejuta website ini merupakan jasa pembuatan website company profile hanya dengan harga SATU JUTA RUPIAH.

  1. Homepage

Homepage sebuah website menjelaskan mengenai isi dasar situs web, seperti profil, visi, misi, produk, dll. Berbeda dengan blog yang berisi tulisan-tulisan. Saat ini banyak website yang tampilannya menarik yaitu onepage. Seperti di website Kami Kodig.id, dalam satu page menjelaskan hal-hal tersebut.

  1. Rating

Blog yang aktif dapat menentukan peringkat blog tersebut. Tetapi, website tidak dipengaruhi hal-hal seperti itu.

  1. Waktu

Waktu postingan dalam sebuah blog sangat berpengaruh. Baiknya, Anda mengirim postingan pada pukul 08.00-12.00. Namun, sekali lagi hal demikian tidak berpengaruhi pada website.

Itulah 10 perbedaan antara blog dengan website. Dapatkan website company profile hanya dengan harga SATU JUTA RUPIAH di Kodig.id, IT Developer Surabaya. Melayani konsultasi IT juga secara cuma-cuma, Konsultan IT Surabaya.

Leave a comment