Skip links

Industri 4.0? Berikut 10 Skill yang Wajib Dimiliki di Era Revolusi Industri 4.0

Industri 4.0 ; Apa kamu sudah punya skillnya? – Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat dan signifikan. Tujuan awal terciptanya teknologi adalah alat yang digunakan untuk mempermudah aktivitas dan pekerjaan manusia sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Setiap hari kita pasti tak bisa lepas dari teknologi, baik untuk bekerja atau sekadar berkomunikasi.

Hal itulah yang membuat teknologi mampu mengubah cara pikir dan pola kerja manusia, bahkan teknologi juga dapat mengubah tatanan atau sistem yang telah ada. Teknologi yang terus berkembang pesat dan memiliki peran sangat penting, hingga para ahli dunia membuat garis waktu tentang perkembangan teknologi. Revolusi industri (industrial revolution) generasi pertama ditandai oleh penggunaan mesin uap untuk menggantikan tenaga manusia dan hewan. Lalu, industrial revolution 2.0 melalui penerapan konsep produksi massal dan mulai dimanfaatkannya tenaga listrik. Kemudian, industrial revolution 3.0 ditandai dengan penggunaan teknologi otomasi dalam kegiatan industri.

Sejak tahun 2011, kita telah memasuki industrial revolution 4.0. Istilah ini diangkat kembali di Hannover Fair. Dikutip dari Wikipedia, revolusi industri (industrial revolution) 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik, yang mencakup sistem cyber-fisik , internet untuk segala (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif. Tren ini telah mampu mengubah banyak bidang kehidupan manusia, diantaranya ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia. Industrial revolution 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia.

Berikut 10 skill yang harus dimiliki untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yang dirilis resmi oleh World Economic Forum:

  1. Complex problem solving

Suatu kemampuan untuk melakukan penyelesaian masalah kompleks dengan dimulai dari tata cara melakukan identifikasi, menentukan elemen utama masalah, menentukan opsi solusi lalu mengevaluasinya, melakukan aksi atau tindakan untuk menyelesaikan masalah, serta mencari pelajaran untuk dipelajari dalam rangka penyelesaian masalah.

  1. Critical thinking

Kemampuan untuk berpikir kritis, kognitif dan membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan. Sikap ini harus punya tujuan yang jelas, beralasan, dan berorientasi pada sasaran.

  1. Creativity

Skill ketiga ini yang paling penting. Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang inovatif dan menemukan ide yang unik dan original yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Tidak harus ide yang baru, dapat juga mengembangkan apa yang sudah ada.

  1. People management

Kemampuan untuk mengatur, memimpin, dan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat sasaran dan efektif. Kemampuan ini disebut juga leadership.

  1. Coordinating with other

Kemampuan untuk bekerjasama antar tim atau bekerja dengan orang lain yang berasal dari luar tim.



  1. Emotion intelligence

Kemampuan untuk mengendalikan emosi. Termasuk juga mengatur, menilai, menerima, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya.

  1. Judgement dan decision making

Skill ketujuh ini merupakan kemampuan untuk menarik kesimpulan atas situasi yang dihadapi serta kemampuan untuk mengambil suatu keputusan dalam kondisi apapun, termasuk ketika berada di bawah tekanan. Kemampuan ini disebut juga judgement and decision making.

  1. Service orientation

Keinginan untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan tanpa mengharapkan penghargaan semata.

  1. Negotiation

Kemampuan untuk berbicara, bernegoisasi, dan meyakinkan orang dalam aspek pekerjaan. Hal ini dapat dikuasai seiring dengan banyaknya latihan dan pembiasaan diri.

  1. Cognitive flexibility

Last but not least, kemampuan untuk menyusun secara spontan suatu pengetahuan, dalam banyak cara, dalam memberi respon penyesuaian diri untuk secara radikal mengubah tuntutan situasional. Singkatnya, mampu untuk pengalihan berpikir sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Nah, itulah 10 skill yang harus dimiliki seseorang untuk menghadapi industrial revolution 4.0. Ternyata lebih dari setengah dari skill tersebut termasuk soft skills. Jadi, soft skill menjadi salah satu faktor yang paling penting dimiliki para pekerja di masa depan. Semoga artikel dari Kodig.id ini bermanfaat.

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/news/read/3900328/menristekdikti-ajak-generasi-milenial-manfaatkan-revolusi-industri-40 Diakses pada 30 Mei 2019 pukul 09.47

https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/31/10222981/ingat-ini-skill-yang-harus-dimiliki-di-era-industri-40 Diakses pada 30 Mei 2019 pukul 09.57

https://manufacturingindonesia.com/making-indonesia-4-0-strategi-ri-masuki-revolusi-industri-ke-4/ Diakses pada 30 Mei 2019 pukul 10.00

IIC.co.id Diakses pada 30 Mei 2019 pukul 10.01

Merdeka.com Diakses pada 30 Mei 2019 pukul 10.04



Leave a comment