Skip links

Apa Itu Consumer Technology Association (CTA)?

Jangan ngaku anak IT enthusiast kalau gak tahu CTA – CTA (Consumer Technology Association) merupakan organisasi standar dan perdagangan yang mewakili 2.200 lebih perusahaan teknologi konsumen di Amerika Serikat. Memiliki tugas untuk memengaruhi kebijakan publik, menyelenggarakan acara-acara, seperti CES dan CES Asia, melakukan penelitian pasar, membantu anggotanya, dan regulator penerapan standar teknis. Diketuai oleh Presiden dan CEO Gary Shapiro.

Lalu, apa itu CES? CES merupakan pameran dagang teknologi dan pertama kali digelar pada tahun 1967 di New York City. Saat ini, CES diselenggarakan setiap bulan Januari di Las Vegas. Pertunjukan ini disponsori oleh CTA, rangkaian acara diantaranya yaitu preview produk dan pengumuman produk baru. Sedangkan, CES Asia dimiliki dan diproduksi oleh International CES (Shanghai) Exhibition Co Ltd, perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh CTA dan diproduksi bersama Shanghai Intex Exhibition Co, Ltd (Shanghai Intex). CES Asia ini berfungsi sebagai platform bagi perusahaan Cina dan Amerika untuk memperkenalkan produk baru ke pasar Asia.

Perusahaan CTA memiliki laporan yang diterbitkan tiap tahunnya yang mencakup pencapaian CTA dan menilai tren yang relevan dengan industri elektronik konsumen. Laporan Digital America merupakan laporan lengkap tahunan milik CTA tentang keadaan industri elektonik konsumen di Amerika Serikat. Laporan ini berisi riset pasar, analisis teknologi baru, teknologi yang telah ada, sejarah industri, dan informasi lainnya.

Tak hanya menyelenggarakan pameran dagang, CTA juga memiliki program penghargaan untuk para pemimpin industri, penemu, produk, dan teknologi. Penghargaan yang diberi nama Inovasi Desain dan Rekayasa ini memberikan peluang bagi para produsen dan pengembang teknologi konsumen untuk menilai produk-produk terbaru mereka. Produk-produk pemenang tersebut dipamerkan di CES.

Sudah sedikit tahu tentang CTA? Semoga artikel Kodig.id ini bermanfaat dan dapat menjadi pengetahuan yang baru untuk Anda.

Leave a comment