Skip links

Bahasa Java? Berikut Asal Usul Nama Java!

Indonesia patut bangga! – Sebagai programmer pasti sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman Java. Tapi, tahukah Anda bagaimana sejarah bahasa pemrograman ini? Kodig.id telah merangkumnya untuk Anda. Java merupakan bahasa pemrograman berbasis kelas yang dirancang untuk eksekusi cepat. Anda tidak dapat mentransmisikan bilangan bulat Java ke dalam referensi objek atau mengakses memori pribadi dengan merusak bytecode Java. Java dapat dijalankan di berbagai komputer temasuk telepon genggam.

Ternyata kata Java berasal dari kopi asal Jawa (Java Coffee) yang terkenal memiliki cita rasa tinggi dan salah satu jenis arabica terbaik di dunia. Bagi James Gosling dan rekan-rekannya di Sun Microsystems, kopi yang diseduh di suatu cafe menjadi inspirasi untuk nama bahasa pemrograman komputer baru yang berhasil dikembangkan.

Java menjadi pilihan nama menggantikan Oak yang telah digunakan oleh perusahaan lain. Nama-nama lain yang menjadi kandidat adalah Silk, DNA, dan Java. Entah siapa yang mengusulkan nama Java dan dipakai sejak kapan. Lahirnya Java bermula dari ambisi Sun Microsystems untuk menciptakan platform universal yang dapat mengintegrasikan berbagai mesin.

Java terlahir dari sebuah projek rahasia, The Green Project, berjalan selama 18 bulan dan menghabiskan dana jutaan dolar AS. Projek itu melibatkan Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, dan dibantu 13 staf lain. Bekerja secara tertutup di gedung daerah Sand Hill Road, Menlo Park, California, AS.

Sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesannya diikuti dengan pemberitaan pertama kali di surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sejak dirilis, Java melejit menjadi bahasa pemrograman favorit. Sun Microsystems memberikan source code Java secara gratis melalui internet. Dengan demikian, Java segera tersebar dan semua orang dapat mencoba dan memberi umpan balik. Keberhasilan ini tidak lepas dari seorang arsitek bahasa pemrograman Java, James Gosling.

Kodig.id, Konsultan IT Surabaya, IT Developer Surabaya masih memiliki program SEJUTA WEBSITE. Ini merupakan jasa pembuatan website berkualitas hanya dengan harga SATU JUTA RUPIAH.

Referensi:

GNFI



Leave a comment