Skip links

Perbedaan Antara SEM, SEO, dan SMM

Bisa membedakannya? – Istilah SEM, SEO, dan SMM memang sudah tidak asing bagi para pelaku bisnis di bidang digital. Sebagian orang juga mungkin pernah mendengar, tetapi tidak tahu pasti apa arti dan perbedaannya. SEM, SEO, dan SMM memiliki peran penting dalam penentuan peringkat pada mesin pencari. Kodig.id akan membahasnya satu per satu. Yuk simak!

  1. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, artinya teknik digital marketing yang berhubungan dengan SEO, riset, submit, dan posisi dari sebuah situs website pada hasil pencarian Google untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Hal yang diperlukan yaitu riset keyword, analisa kompetitif, dan posting berbayar untuk memperoleh traffic yang tinggi. Dengan menggunakan SEM, Anda dapat menjangkau pengunjung yang lebih tertarget untuk menuju website Anda.

SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana pengiklan hanya dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan (disebut sebagai cost-per-click atau CPC). SEM melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing Ads, Yahoo Advertising dan metode iklan online lainnya.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Google mendefinisikan SEO adalah meningkatkan pengunjung sebuah website dari mesin pencari. SEO singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya proses optimasi terhadap website beserta segala aspeknya (konten, sistem, dsb) agar peringkatnya bagus di mesin pencarian, seperti Google, Bing, Baidu, dll. Dengan menerapkan SEO, Google akan menampilkan website Anda di halaman pertama Google. Hal yang diperlukan yaitu penggunaan keyword unik yang minim pesaing. Jadi, Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Sederhananya, Anda ingin membuat konten yang unik, segar dan berkualitas untuk pengunjung website Anda dan Anda ingin membangun link yang berkualitas dari situs yang relevan ke konten yang spesifik yang telah dibuat. SEO tidak termasuk dalam PPC. SEO berkaitan dengan tingkat kepuasan pengunjung. Pengunjung menyukai website yang mudah dimengerti dan navigasinya jelas. Pengunjung ingin membaca tulisan yang berkaitan dengan pencarian dan mudah dimengerti.

Anda dapat menggunakan jasa SEO profesional Kodig.id untuk meningkatkan pengunjung website Anda. Kami dapat mengoptimalkan website Anda agar tampil di halaman pertama atau kedua mesin pencarian.

  1. Social Media Optimization (SMM)

SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing, yaitu bentuk digital marketing yang memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasarannya. SMM bertujuan untuk menghasilkan konten dimana penggunanya akan berbagi melalui social medianya untuk membantu meningkatkan dan memperluas jangkauan customers. Dapat dikatakan bahwa melalui SMM, dapat menaikkan nilai jual bisnis online milik Anda melalui social media.

SMM melibatkan iklan berbayar melalui social media. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan iklan di Facebook dan Instagram. Ini termasuk metode untuk memperluas jangkauan customers.

Jadi, SEM adalah metode yang dapat kita gunakan sendiri, tetapi untuk SEM dan SMM harus menggunakan anggaran. SEM dan SMM akan membuat hasil yang lebih cepat dicapai, tetapi ada batas waktu sesuai dengan anggaran. Sedangkan, SEO adalah solusi dalam jangka panjang. Jika dilakukan dengan benar, dapat memberikan hasil yang diinginkan untuk bisnis Anda.

Kodig.id – Konsultan IT Surabaya – IT Developer Surabaya menyediakan jasa digital marketing, seperti SEM, SEO, dan SMM. Jika Anda berminat, dapat menghubungi Missyahrul Huda ( 081232089947 ). Kami akan memberikan biaya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Referensi:

kursusseo , mindreachconsulting , herosoftmedia , dewaweb

Leave a comment