Pentingnya Content Marketing bagi Bisnis

Pentingnya Content Marketing bagi Bisnis

Mengapa penting? – Pemasaran merupakan salah satu instrumen penting dalam suatu bisnis. Baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar. Tidak adanya strategi pemasaran yang efektif dan efisien, menghasilkan peluang yang kecil bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan customer yang tepat dan menciptakan bisnis dalam jangka panjang.

Nah, salah satu strategi pemasaran bagi para pelaku bisnis kecil yaitu dengan adanya content marketing (pemasaran konten). Content marketing (pemasaran konten) adalah proses pemasaran bisnis untuk membuat dan mendistribusikan konten yang relevan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target customer. Content marketing patut dicoba, karena hemat biaya dan berorientasi pada hasil. Ini merupakan suatu kabar gembira bagi para pebisnis kecil, karena dengan investasi minim bisa mendapatkan impact yang besar bagi bisnis.

Beberapa manfaat penting adanya content marketing, diantaranya:

  • Jenis konten harus sesuai dengan target customer Anda. Strategi pemasaran konten yang solid dan konsisten akan membantu Anda mewujudkan hal itu.
  • Strategi pemasaran konten membutuhkan sedikit investasi pada waktu atau uang, Anda harus memastikan bahwa Anda melakukannya dengan efektif dan efisien. Ini dilakukan dengan tujuan agar bisnis Anda akan menonjol dari kompetitor.
  • Strategi content marketing yang tepat dapat memberikan pandangan luas mengenai tujuan bisnis Anda dan apa saja yang diinginkan oleh customer. Ini dapat meminimalisir kesalahan dalam jangka panjang.

 

Fungsi content marketing bagi para pelaku bisnis kecil:

  • Mendapatkan keunggulan kompetitif diantara para kompetitor yang tidak menggunakan content marketing.
  • Membangun dan mempertahankan identitas brand yang terkait dengan customer Anda dengan sukses (brand awareness).
  • Menghasilkan lebih banyak traffic di web dan social media pada akun bisnis Anda.
  • Menjalin hubungan dalam jangka panjang dan terpercaya dengan customer dan mitra bisnis Anda (meningkatkan engagement).
  • Meningkatkan leads dan penjualan.
  • Menetapkan Anda sebagai thought-leader.



 

Langkah dalam membangun strategi content marketing:

  • Tentukan tujuan pemasaran konten Anda
  • Kenali target customer Anda
  • Buat konten yang relevan dengan tujuan bisnis Anda

Kodig.id – Konsultan IT Surabaya – IT Developer Surabaya, telah menerapkan content marketing ini dalam kegiatan bisnis. Berdampak positif pada traffic website, akun social media, dan penjualan.

Referensi:

Entrepreneur , Jurnal , Grid



Leave a Reply