Skip links

5 Tips Memulai Belajar Pemrograman untuk Pemula

Belajar pemrograman itu gampang-gampang susah – Setuju dengan pernyataan tersebut? Cara setiap orang pasti berbeda-beda untuk menekuni suatu bidang, termasuk belajar pemrograman. Banyak faktor yang memengaruhi, seperti keadaan ekonomi, kecepatan belajar, latar belakang, atau bahkan lingkungan.

Tidak ada sesuatu yang instan. Semua harus melalui proses dan kerja keras. Jika Anda ingin menjadi seorang master programmer, tidak bisa jika Anda hanya main game, nonton TV, tidur, rebahan, tiba-tiba bisa jadi master programmer. Mana mungkin bisa? Do something! Melakukan apa?

Berikut 5 tips yang harus dilakukan untuk memulai belajar pemrograman:

  1. Mengenal programming dan bahasa

Sebelum melakukan sesuatu, tentu harus “kenalaan” dulu dong. Gak bisa langsung praktik. Begitu pula dengan belajar pemrograman. Anda harus tahu dulu apa itu programming dan bahasa apa saja yang sering digunakan. Programming merupakan proses seseorang menulis, memperbaiki, menguji, dan memelihara kode-kode untuk membuat suatu program komputer. Kode-kode tersebut ditulis dalam bahasa pemrograman.

Baca juga:

8 Bahasa Pemrograman yang Populer di Kalangan Programmer Wanita

Asal Usul Nama Java

  1. Menekuni dasar-dasar

Setelah mengetahui apa itu programming dan bahasa pemrograman. Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang ada di duia, mulai dari bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, tingkat menengah, hingga tingkat tinggi. Anda dapat pelajari kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kuasai satu bahasa pemrograman terlebih dahulu, baru belajar bahasa yang lain.

Jangan sampai Anda melewatkan materi-materi dasar dan langsung beralih ke materi yang sulit. Anda pasti mengalami kesulitan di tengah pembelajaran dan harus belajar lebih ekstra untuk memahami materi dasar.

  1. Belajar sekaligus praktik

Belajar teori saja tentu tidak cukup, Anda harus langsung praktik. Coba buat program-program sederhana. Mulailah dari hal yang paling sederhana dari apa yang sudah Anda kuasai. Ikuti step by step hingga berhasil, barulah Anda beralih ke materi selanjutnya.

Pelajari juga debug. Ketika Anda memprogram, pasti akan menemukan galat/debug, itu merupakan kesalahan program dan dapat muncul dimana saja. Mencari debug dan segera memperbaikinya termasuk proses penting dalam pengembangan suatu perangkat lunak, jadi Anda harus terbiasa melakukannya.

Meskipun proses coding dilakukan dengan komputer, berlatih menulis kode dengan tangan ternyata sangat disarankan. Menulis berbeda dengan menggunakan komputer, karena kamu tidak bisa memeriksa di tengan penulisan kode apakah kode tersebut sudah benar atau belum. Lakukan latihan ini secara rutin, ini bermanfaat untuk meningkatkan kecermatan dan ketelitian dalam menyusun kode.

  1. Update ilmu dan informasi

Jangan pernah puas dalam belajar! Update ilmu dan informasi itu sangat penting. Bisa jadi apa yang sedang Anda pelajari sudah tidak dipelajari oleh orang lain, karena sudah ada yang lebih menarik atau lebih baik. Salah satu cara update informasi yaitu dengan mengunjungi situs-situs yang sering memberikan informasi mengenai programming, bahasa pemrograman, teknologi, dsb. Seperti, SitePoint, Mashable, atau Kodig. Tentu Anda sadar bahwa perkembangan teknologi sangat cepat. Jangan sampai Anda stuck di comfort zone.

  1. Gabung dengan komunitas atau forum

Ada banyak sekali orang-orang yang sedang belajar atau sudah jago bahasa pemrograman. Anda dapat mengajukan berbagai macam pertanyaan yang belum Anda ketahui. Jangan hanya sebagai silent reader ya! Akan ada banyak orang hebat yang dapat And atiru dan teladani dari segi progammingnya.

Baca juga:

Perbedaan Antara Front-End, Back-End, dan Full-Stack Developer

Itulah 5 tips belajar pemrograman untuk pemula. Jika Anda ingin membuat website, sistem, aplikasi berbasis android atau iOS dapat menghubungi Kami, Kodig – IT Developer Surabaya – Konsultan IT Surabaya, Missyahrul Huda ( 081232089947 ).

Referensi:

Codepolitan , Teknojurnal , Softwarebyrob , Wikihow , Simpleprogrammer

Leave a comment