Manfaat Teknologi dalam Bisnis
manfaat teknologi dalam bisnis

Manfaat Teknologi dalam Bisnis

Manfat Teknologi Dalam Bisnis: Belum menggunakan teknologi untuk bisnis Anda? Inilah saat yang tepat untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Kodig.id sebagai IT Developer di Surabaya, bisa membuatkan website company profile, sistem akuntansi, sistem data arsip, dan lainnya untuk bisnis Anda.

Lantas, Anda masih bertanya-tanya mengapa teknologi penting untuk suatu bisnis? Salah satu manfaatnya yaitu dapat menunjang produktivitas suatu perusahaan. Berikut Kodig.id telah menjabarkan beberapa manfaat teknologi dalam dunia bisnis:

  1. Menyimpan dan melindungi informasi penting

Teknologi saat ini mampu menciptakan suatu sistem penyimpanan yang lebih modern dan canggih, sehingga dapat melindungi data-data penting suatu bisnis atau perusahaan. Dilansir dari Grziado Business Report, keamanan data pelanggan dan pasien menjadi hal yang vital bagi integritas suatu bisnis. Sistem penyimpanan yang berisi informasi-informasi penting hanya bisa diakses oleh pengguna tertentu, ini bertujuan agar terbebas dari serangan peretas. Hal ini juga dapat menunjang kelancaran dan keamanan suatu bisnis.

Adanya evolusi sistem yang semakin canggih, membuat bisnis atau perusahaan mengembangkan sendiri server dan penyimpanan milik mereka. Seperti yang telah disebutkan di awal, Kodig.id bisa membuat sistem data arsip yang memiliki fungsi meyimpan dan melindungi data-data penting suatu bisnis atau perusahaan.

  1. Membangun komunikasi

Banyak bisnis atau perusahaan yang memiliki layanan berbasis website demi memperluas jangkauan pasar dan memberikan rincian lebih detail terkait bisnis mereka. Kodig.id dapat membuat website company profile, dengan tujuan semakin banyaknya orang yang mengetahui bisnis atau perusahaan Anda. Jangkauan segmen pasar pun semakin luas. Dampak adanya komunikasi yang baik yaitu:

  • Menguatnya hubungan dengan pelanggan
  • Bisnis atau perusahaan mampu memahami kebutuhan pelanggan
  • Efektif dan mengurangi biaya
  • Menghubungkan dengan perusahaan lain
  • Menguatnya hubungan antar karyawan
  • Memungkinkan bisnis berjalan kapanpun dan dimanapun

Baca juga: 8 Alasan Pelaku Bisnis Harus Punya Website

  1. Munculnya peluang bisnis baru

Kemajuan teknologi dan informasi mendorong beberapa orang untuk menciptakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Contohnya, Google. Search engine ini banyak digunakan untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan Google akan mendapatkan banyak keuntungan.



  1. Otomatisasi proses

Dalam bisnis, stakeholder menginginkan semua pekerjaan tuntas dalam waktu yang singkat. Teknologi hadir untuk meningkatkan efisiensi bisnis atau perusahaan dengan mengembangkan otomatisasi proses. Dunia bisnis modern mengenal istilah Business Process Automation (BPA) yang merupakan pendekatan proses bisnis yang lebih efektif, efisien, stabil, hemat biaya, dan produktif. BPA digunakan sebagai alur kerja logistik untuk beberapa proses dalam bisnis atau perusahaan, seperti SDM, penjualan, finansial, manajemen, operasi, dsb. Pemilihan teknologi yang tepat akan berdampak pada tereliminasinya proses yang tidak penting, alokasi biaya yang lebih akurat, manajemen finansial yang rapih dan hasilnya mampu memaksimalkan produktivitas bisnis.

  1. Mengurangi biaya produksi dan operasional

Adanya kemajuan teknologi mampu membantu suatu bisnis atau perusahaan mengurangi biaya produksi sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan pengeluaran sedikit dan bisa mengurangi operasional sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi pada setiap output-nya.

Kesimpulannya, peran teknologi dalam suatu bisnis atau perusahaan sangat besar. Mampu memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam segala aktivitas bisnis. Selain memiliki manfaat, teknologi juga memiliki dampak negatif apabila tidak digunakan dengan baik. Maka, bijaklah dalam menggunakan teknologi dan informasi

Referensi:

Dictio , Kompasiana



Leave a Reply