Perbedaan Free Web Hosting dan Paid Web Hosting
perbedaan free web hosting dan paid web hosting

Perbedaan Free Web Hosting dan Paid Web Hosting

Perbedaan free web hosting dan paid web hosting itu apa aja sih? – Ketika kita sudah membuat dan melakukan pengujian terhadap website yang kita rancang dan ingin mengonlinekan website tersebut, kita harus melalui proses hosting terlebih. Terdapat 2 jenis layanan hosting website yaitu web hosting gratis (free web hosting) dan web hosting berbayar (paid web hosting).

Perlu pertimbangan yang matang untuk memilih jenis layanan hosting tersebut, karena dari dua jenis tersebut terdapat kelebihan dan kelemahan masing-masing. Lalu apa saja sih perbedaan dari web hosting yang gratis dan berbayar? Berikut akan dijabarkan beberapa perbedaannya:

  1. Biaya

Dengan menggunakan web hosting gratis, kita tetap dapat menikmati layanan yang didapat dari penyedia hosting tersebut meskipun dalam kurun waktu tertentu dan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Hal ini dapat menguntungkan bagi pengguna yang hanya membutuhkan waktu singkat untuk mempromosikan websitenya dan dapat meminimalisir pengeluaran. Sedangkan jika kita menggunakan web hosting berbayar, kita akan mengeluarkan biaya sesuai dengan paket hosting yang dipilih.

2. Advertising

Jika menggunakan layanan web hosting gratis, website kita akan diisi banyak iklan (advertising) dalam bentuk banner, text, pop-ups atau jenis advertising lainnya. Dengan adanya advertising tersebut, penyedia layanan web hosting akan mendapatkan keuntungan dari pemasang advertising  yang muncul di website. Kita tidak  bisa mengontrol atau menghapus advertising yang ditayangkan di website tersebut. Sedangakn jika menggunakan layanan web hosting berbayar, website kita akan bebas dari advertising jenis apapun, sehingga tidak menggangu kenyamanan dari pengunjung website kita.

3. Disk space dan bandwidth

Web hosting gratis memiliki disk space dan bandwidth terbatas. Ukuran file yang dapat diupload  dan jumlah pengunjung dibatasi dengan disk space dan bandwidth yang tersedia. Bila jumlah pengunjung tiap bulan melampaui bandwidth yang disediakan, website tidak dapat diakses dan akan kembali normal pada bulan berikutnya. Web hosting gratis juga tidak mempunyai pilihan untuk upgrade ke yang lebih tinggi atau downgrade ke yang lebih rendah.

Web hosting berbayar umumnya memberikan disk space dan bandwidth tertentu sesuai dengan paket hosting sesuai kesepakatan. Kita juga diberi kemudahan upgrade atau downgrade untuk menyesuaikan dengan perkembangan konten dan jumlah pengunjung website.

4. Dukungan pada paket hosting

Pada web hosting berbayar mendapatkan dukungan penuh dari penyedia layanan hosting seperti dukungan teknis 24 jam, akses pengetahuan dasar dan tutorial online, forum pelanggan dan juga technical help desk. Jika kita memiliki masalah terkait dengan hosting, mereka akan segera membantu untuk memecahkan permasalah tersebut. Sedangkan web hosting gratis umumnya tidak memiliki semua itu, meskipun dukungan  tersebut disediakan tetapi hanya bersifat dasar dan minim. Jika kita memiliki permasalahan, bantuan yang diberikan tidak akan bisa cepat seperti pada web hosting berbayar.

5. Ketersediaan fitur dan tool

Web hosting gratis umumnya hanya memberikan fitur yang dasar dan minim, mereka tidak dapat menambahkan fitur sesuai keinginan dan kebutuhan sehingga hanya dapat menggunakan fasilitas yang sudah diberikan.  Sedangkan pada web hosting berbayar, mereka akan menawarkan fitur dan tool mulai dari plugin dan webmaster tools sampai ke shopping chart dan site builder.

6. Keamanan website

 Web hosting gratis cenderung menyediakan level keamanan yang dasar sehingga rentan terhadap hacker. Sedangkan pada web hosting berbayar mempunyai prioritas untuk mendapatkan level pengamanan yang lebih tinggi dan menyediakan sumber daya lebih banyak untuk memproteksi data dan privasi pelanggan.

Berdasarkan penjelasan diatas, untuk memilih jensi layanan hosting yang manakembali lagi kepada pemilik website. Harus melalui beberapa pertimbangan yang matang sesuai bisnis dan target pasar mereka.

Ikuti terus artikel dari kami di website kodig.id

Referensi:

https://www.termasmedia.com/lainnya/hosting/97-perbedaan-hosting-gratis-dan-berbayar.html

Leave a Reply