Teknologi yang Muncul saat Pandemi Virus Covid 19
teknologi yang muncul saat pandemi virus covid 19

Teknologi yang Muncul saat Pandemi Virus Covid 19

Seperti pada masa pandemi virus Covid 19 yang sedang melanda dunia saat ini, teknologi turut andil dalam memerangi virus tersebut. Banyak perusahaan di dunia yang menciptakan teknologi membantu manusia dalam melawan virus tersebut berharap pandemi dapat segera usai.

Berikut beberapa teknologi yang turut membantu dalam memerangi pandemi virus Covid 19, antara lain:

  1. Aplikasi pelacakan virus corona

Aplikasi yang dibuat oleh Google dan Apple,  pengguna memperoleh peringatan terkait wilayah dan orang-orang yang berisiko tinggi terinfeksi virus Covid 19, juga mampu melacak jejak dan merekam riwayat interaksi sosial penggunanya. Sistem ini memanfaatkan koneksi Bluetooth Low Energy (BLE) sebagai medium untuk melakukan pelacakan orang-orang yang berada di sekitar ponsel pengguna.

2. Gelang pintar

Gelang ini dirancang khusus untuk memantau kondisi kesehatan pengguna seperti pengecekan temperatur badan secara langsung untuk mengetahui apakah ada gejala demam atau tidak. Apabila pengguna mengalami masalah kesehatan, aplikasi tersebut akan memberi peringatan dan merekomendasi pengguna untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Statistik suhu badan yang dideteksi gelang tersebut akan diupload ke smartphone melalui koneksi bluetooth.

3. Thermal Scanner

Thermal scanner merupakan sebuah alat untuk mengetahui suhu pada sebuah objek dengan menggunakan teknologi Focal Plane Array (FPA) sebagai dektektor untuk menerima sinyal infra merah. Thermal scanner akan mendeteksi suhu dengan menghasilkan output berupa cahaya warna-warni. Suhu objek yang ditangkap akan menunjukkan warna yang berbeda-beda. Untuk suhu yang lebih dingin dimunculkan dengan warna biru, ungu, dan hijau. Sedangkan suhu yang lebih hangat diberi warna merah, oranye, dan kuning.

4. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) dirancang untuk mengidentifikasi pola pergerakan penyebaran virus Covid-19. Namun, untuk membantu dalam hal diagnosa, perlu menggunakan perhitungan algoritma dengan melakukan analisa lewat CT Scan. Seperti di China, AI digunakan untuk membantu para tenaga medis untuk melakukan identifikasi membedakan hasil scan pneumonia. Sebelumnya perusahaan asal Israel yaitu Corsight AI, dikabarkan sedang mengembangkan teknologi pemindai wajah yang dapat mendeteksi meski sedang menggunakan penutup wajah.  

5. Drone

Saat pandemi Covid-19 saat ini, drone beralih fungsi menjadi alat untuk menggantikan tenaga manusia. Drone difungsikan untuk menjembatani rumah sakit dengan rumah warga untuk mengantarkan kebutuhan medis. Perusahaan teknologi bernama Antwork dari China melakukan proses pengiriman logistik untuk keperluan tenaga medis di China. Selain itu salah satu kampus yang berada di wilayah Carolina Utara AS memanfaatkan drone untuk mengantarkan hasil sampel uji Covid-19 ke rumah sakit yang berada di pusat kota. Pihak kepolisian di Paris dan India juga memanfaatkan drone yang digunakan untuk menegakkan aturan karantina wilayah.

6. Robot

Business Breakthrough University yang berlokasi di Jepang memanfaatkan robot untuk menggantikan para wisudawan dalam menjalani wisuda. Robot yang bernama Newme itu dipakaikan kain toga berwarna hitam yang menyerupai  mahasiswa yang tengah mengikuti wisuda. Wajah para wisudawan secara bergantian akan ditampilkan pada layar yang dipasang di bagian atas robot.

Rumah Sakit Circolo di Italia menggunakan robot untuk membantu para tenaga medis dalam menangani pasien virus Covid 19. Robot tersebut bertugas untuk memantau kondisi pasien dari peralatan di ruangan kemudian menyampaikannya ke staf rumah sakit. Tak hanya itu, sebuah kafe yang berlokasi di wilayah Daejeon, Korea Selatan juga memanfaatkan robot sebagai pengganti barista dan waiter untuk melayani para pelanggan.

Referensi:

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/05/20090037/deretan-teknologi-yang-dipakai-melawan-pandemi-covid-19?page=all

Lebih lanjut :

Kodig.id

Leave a Reply