Chipset Komputer dan Chipset Smartphone
Chipset Komputer dan Chipset Smartphone apa bedanya sih? - Chipset merupakan sekumpulan chip-chip atau IC (Integrated Circuit) yang berada di dalam motherboard. Motherboard sendiri merupakan salah satu komponen utama komputer yang menjadi penghubung antara perangkat output dan input pada komputer yang memiliki bentuk seperti papan PCB (Printed Circuit Board).

Chipset Komputer dan Chipset Smartphone

Chipset Komputer dan Chipset Smartphone itu apa bedanya sih? – Chipset merupakan sekumpulan chip-chip atau IC (Integrated Circuit)  yang berada di dalam motherboard. Motherboard sendiri merupakan salah satu komponen utama komputer yang menjadi penghubung antara perangkat output dan input pada komputer yang memiliki bentuk seperti papan PCB (Printed Circuit Board). Chipset memiliki peranan penting pada komputer, karena memiliki fungsi sebagai pengatur aliran data. Chipset tidak hanya terdapat dalam komputer, tetapi terdapat juga di dalam smartphone. Namun, fungsi chipset yang terdapat pada komputer berbeda dengan yang ada pada smartphone. Pada komputer, chipset dikhususkan untuk mengontrol memori, grafis, suara, bahkan CPU itu sendiri. Sedangkan pada smartphone untuk mengolah grafis, memori, USB controller, hingga pengontrol konektivitas seperti jaringan, dan wifi.

Chipset pada komputer memiliki beberapa jenis antara lain:

1. Chipset Northbridge

Chipset Northbridge berfungsi menghubungkan processor dengan sistem memori dan graphic controller melalui bus yang berkecepatan tinggi dan juga ke southbridge

2. Chipset Southbridge

Chipset southbridge berfungsi untuk mengontrol bus IDE, USB, dukungan PnP (Plug and Play), penghubung antara PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse serta sebagai fitur power management pada perangkat lain. Sehingga apabila komputer mengalami masalah pada power management, chipset juga akan mengalami masalah.

Sedangkan chipset pada smartphone memiliki jenis yang berbeda dengan yang ada pada komputer, jenis-jenisnya antara lain:

  1. Tegra 

Chipset keluaran Nvidia ini menjadi pelopor perangkat yang menggunakan teknologi quad-core yang memiliki kelebihan visualisasi yang sangat unggul dipadukan dengan pemakaian daya yang cenderung hemat.

  1. Snapdragon

Chipset milik Qualcomm ini memiliki beberapa kelebihan antara lain performa, konsumsi daya, grafis, dan konektivitas yang lebih unggul dari jenis chipset lainnya. 

  1. MTK

Chipset keluaran Mediatek ini memiliki harga yang murah, meskipun begitu chipset ini dapat diandalkan kemampuannya.

  1. Exynos

Chipset Exynos milik Samsung ini memiliki kelebihan utama yaitu dalam bermain game dan kemampuan multitasking yang handal. 

Ikuti terus artikel dari kami di website kodig.id

Referensi:

https://www.nesabamedia.com/pengertian-chipset-fungsi-dan-cara-kerja-chipset-dalam-komputer/

https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/jenis_chipset_smartphone_dengan_kelebihan_yang_ditawarkan-948

Leave a Reply