Jaringan 5G Di Indonesia! Apa Sih Jaringan 5G Itu?
Jaringan 5G Indonesia

Jaringan 5G Di Indonesia! Apa Sih Jaringan 5G Itu?

Jaringan generasi kelima 5G di Indonesia memang tidak terlalu “setenar” atau banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia daripada jaringan generasi keempat 4G. Hal tersebut dapat dikarenakan di Indonesia sendiri belum menerapkan jaringan 5G, meskipun beberapa negara mulai banyak yang menerapkannya, seperti Korea Selatan Jepang, China, Amerika Serikat. Negara-negara tersebut tidak serta merta menerapkan jaringan tercapat ini di negaranya, tetapi jaringan tersebut menawarkan berbagai kelebihan yang dapat memberikan kepuasan lebih daripada menggunakan jaringan 4G. Beberapa kelebihan dari 5G tersebut antara lain:

  1. Kecepatan data lebih tinggi karena menggunakan gelombang millimeter. 
  2. Memiliki kecepatan satu mili per detik untuk transfer data.
  3. Bisa terkoneksi dengan alat lainnya seperti peralatan rumah tangga, telepon, mobil.
  4. Kecepatan diperkirakan bisa mencapai 800 Gbps per detik. 

Meskipun jaringan 5G menawarkan berbagai kelebihan yang meningkatkan tingkat kepuasan penggunanya seperti pada hal kecepatan, tetapi jaringan ini memiliki beberapa kekurangan antara lain membutuhkan banyak BTS (Base Transceiver Station) karena jaringan ini menggunakan gelombang milimeter. BTS sendiri adalah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Selain itu, radiasi gelombang milimeter energi lebih tinggi yang dinilai dapat membahayakan kesehatan.

Meskipun di Indonesia sendiri belum menerapkan jaringan tercepat saat ini, tetapi terdapat beberapa ponsel yang sudah dilengkapi oleh jaringan 5G, ponsel tersebut seperti Samsung Galaxy S10 5G, Xiaomi Mi Mix 3 5G. Walaupun sudah banyak ponsel-ponsel yang sudah dilengkapi oleh jaringan 5G, tetapi sama saja jaringan tersebut belum bisa kita rasakan karena di Indonesia sendiri belum menerapkannya. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan terdapat 3 alasan kenapa di negara kita belum menerapkan jaringan 5G yaitu:

  1. Menata dengan benar frekuensi spektrum

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, menjelaskan beberapa  frekuensi yang cocok digunakan pada jaringan 5G yaitu 700 MHz dan 800 MHz di Lower-band, 2,6 GHz dan 3,5 GHz di Middle-band, dan 26 GHz di Upper-band

  1. Penerapan jaringan 5G

Untuk menentukan kebutuhan jaringan 5G perlu dilakukan uji coba penerapan jaringan, mulai dari manufaktur, mobil otonom, hingga komunikasi berbentuk hologram.

  1. Memikirkan model bisnis 5G

Hal tersebut masuk dalam geostrategis yang mengharuskan pemerintah untuk terlebih dahulu menentukan kebijakan dan tujuan pembangunan jaringan 5G, pertimbangan ini akan menentukan bagaimana mengkomersilkan 5G di Indonesia.

Yuk ikuti terus perkembangan artikel kami di website Kodig.id

Referensi:

https://www.cermati.com/artikel/tinggal-di-indonesia-perlukah-beli-ponsel-5g#:~:text=Keunggulan%20jaringan%205G%3A,dari%20telepon%20ke%20telepon%20lainnya.&text=Kecepatan%20jaringan%205G%20diperkirakan%20bisa%20mencapai%20800%20Gbps%20per%20detik

https://kumparan.com/kumparantech/3-alasan-indonesia-belum-gelar-jaringan-internet-5g-1sSigJw4099/full

Leave a Reply